Kenapa Anda Miskin? Inilah Jawabannya!

Rata-rata orang, ketika punya masalah, hanya berpikir untuk cepat-cepat keluar dari masalah itu. Dia tidak pernah mempertanyakan kenapa masalah itu meati datang kepadanya. Dia tidak pernah memaknai bahwa setiap masalah selalu punya latar belakang kemunculannya. Dia hanya berusaha mencari tahu cara dan strategi untuk memecahkan masalah tersebut. Dia ingin masalahnya cepat teratasi, oleh karenanya dia akan merasa mampu melakukan apa pun saja untuk memecahkan masalahnya, tak peduli dengan cara yang baik atau malah buruk. 

Tahukah Anda bahwa kebanyakan cara untuk segera memecahkan masalah mempakan cam yang instan dan cenderung bersifat negatif? Contohnya, orang miskin ingin cepat-cepat keluar dari kemiskinannya. Kalau memakai cata-cara positif, misalnya dengan bekerja kepada orang lain atau berusaha membuka 

aha sendiri, pasti ape yang dia hampkan akan tercapai, tapi dalam waktu lama. Sedangkan dengan cara yang instan memang cukup singkat, tetapi bersifat negatif dan membahayakan dirinya senditi, misalnya merampok, mencuri, atau justru bunuh diri.

Kebanyakan orang yang sudah tidak tahan dengan kemiskinan ingin cepat-cepat kaya. Bila Anda berkarakter seperti ini, tentu Anda tidak perlu berpikit panjang untuk memilih cara yang instan. Anda tidak pernah berpikir bahwa cara demikian tidak akan membantu Anda keluar dari masalah Anda, dalam hal ini kemiskinan, melainkan justru membuat Anda semakin menderita. Pertanyaannya, rasionalkah 0mg yang ingin mengentaskan masalahnya agar bisa hidup bahagia, tetapi menggunakan cara-cara yang justru akan membuatnya semakin menderita? 
Oleh karena itu, apa pun masalah yang sedang Anda hadapi, bepikirlah positif tentangnya dan bersahalah memecahkannya dengan cara-cara yang positif. Manusia sejati itu adalah manusia yang menggunakan akal pikirannya. Hanya cara yang positif sajalah yang tasional, sedangkan cara-cara yang negatif sungguh tidak rasional. 
Anda tidak cukup hanya dengan mencari cara untuk ke luar dari masalah-masalah yang sedang Anda hadapi. Anda hams berpikir secara lebih luas daripada itu. Pikiran yang tertuju hanya pada cara penyelesaian masalah hanyalah satu varian dari pikiran yang semestinya tentang masalah itu. Jadi, masalah tidak hanya dihadirkan Tuhan agar kita menjadi dewasa dengan cara mengatasinya, tetapi juga agar kita menjadi dewasa dengan mencari penyebab masalah itu datang dan menerpa kita. Berpikir tentang akar masalah memiliki keuntungan tertentu, yakni bahwa ketika Anda tahu latar belakang masalahnya, tentu secara alamiah Anda akan juga tahu cara mengatasinya. Batu setelah Anda tahu cara untuk mengatasi persoalan Anda itu, Anda dapat memilah-milih cara yang mana yang harus Anda ambil, yang tentu tidak hanya akan mengakibatkan Anda cedera atau justru semakin menderita. 

Anda miskin bukan lantaran siapa-siapa, tetapi karena Anda sendiri. Itu yang hams Anda camkan dalam diri Anda. Jangan salahkan orang lain kalau Anda miskin, jangan pula merugikan orang lain apabila Anda tidak kuat menanggung kemiskinan Anda. Anda semestinya tidak boleh menangis karena kemiskinan Anda, karena akar masalah kemiskinan 'Anda adalah Anda sendiri. 

0 Response to "Kenapa Anda Miskin? Inilah Jawabannya!"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel